Friday, November 2, 2018

Remind me!


“MENGAPA HARUS SUKSES DI USIA MUDA”

Mengapa harus sukses di usia muda? Kalimat tanya ini cukup untuk membingungkan sebagian orang termasuk saya ketika ingin menjawab. Sukses merupakan harapan dan cita-cita semua manusia bahkan seorang pencuripun mempunyai keinginan supaya sukses dalam oprasinya, tetapi sukses disini ialah  sukses yang dapat memberikan manfaat sebanyak-banyaknya untuk halayak seluas-luanya. Mengapa demikian karna kesuksesan itu tidak hanya di nikmati oleh sendiri, didapat dengan cara kotor, di hasilkan dengan cara merugikan orang lain. Kita yang mayoritas di negara tercinta ini beragama islam pasti mengiginkan sukses di dunia dan ahirat maka dari itu kesuksesan tidak hanya di dapat dengan mudah dan cara yang salah.
Pada usia muda yang umumnya kalangan mahasiswa pasti mempunya harapan tinggi setelah sebelum lulusbahkan setelah ia lulus dan mempunya gelas S1 .Ada banyak yang berpendapat lulus S1 dan melanjutnkan ke S2,S3 bahkan profesor merupakan kesuksesan, ada yang berpikiran dengan membuka usaha adalah kesuksesasan. Kesuksesan merupakan hal yang relatif bagi semua pandangan orang. Tetapi pada umumnya indikator kesuksesan ialah dengan mendapatkan kebahagiaan jiwa, ketenangan dengan apa yang kita lakukan sehingga mendapatkan Goal yang di harapkan. Dalam mencapai goal tersebut tidak selalu mulus dalam keadaannya, susah,senang,jatuh,bangun,defresi,merupakan dinamika dalam usaha untuk mencapai kesuksesan. Kita semua juga harus paham bahwasanya kesuksesan bukanlah hal yang bisa di capai hanya dengan santai berada dalam zona nyaman kehidupan, kesuksesan bukan ibarat air  hujan yang turun dari langit dan menjatuhi setiap kepala orang yang terkenanya, karena kesuksesan bisa menghampiri seseorang apabila ia punya usaha dan menerapakan cara menjadi orang sukses di usia muda.
Banyak cara menjadi orang sukses di usia muda, diantara langkah umum yang perlu kita pahami ialah bagaimana supaya kita bisa melakukan apa yang juga di lakukan oleh mereka yang bisa sukses di usia muda. Sukses usia muda adalah impian bagi banyak orang, namun dari sekian banyak yang ingin sukses di usia muda hanya segelintir orang yang bisa meraihnya, mengapa demikian, dimana letak kesalahannya? Dengan pertanyaan itu kita akan bingung tidak sedikit workshop, platihan, dan seminar yang kita ikuti untuk mendapatkan jawaban dan solusi untuk menjawab pertanyaan itu tetapi implementasi dari platihan, workshop dan seminarpun tidak berpengaruh. Kita hanya sekedar tahu dan tidak ada action yang nyata dalam kehidupan, kita hanya mebohongi diri sendiri dengan kesuksessan di masa muda tetapi action sedikitpun tidak ada. Lalu apa kunci kesuksesan tersebut? Jawabanya adalah sukses tidak hanya pada usia muda atau tua. Kuncinya adalah mau inventasi untuk diri sendiria, kunci menjdi sukses ialah kita harus memililki kemampuan sebagaimana dimiliki oleh orang sukses dan mau menggunakan kemampuan itu. Dalam arti lain sperti saya tahu yang saya punya dan saya tahu yang saya mau dan saya akan raih yang saya mau. Kalau kita mengutip obrolan seorang pengusaha yang sukses seperti almarhum Bob Sadino, ada seorang anak muda yang bertanya Om Bob saya ingin sukses seperti anda tetapi saya tidak mempunya modal gimana Om Bob? Bob pun menjawab saya akan membeli dengkulmu seharga 500 juta kalau perlu saya akan membeli keduanya seharga 1 milyar” anda itu mempunya modal yang sangat besar bahkan dengkulmu pun tidak mau kow jual maka dengan modal itu dan keinginan yang  mau di barengi usaha akan mendapatkan kesuksesan yang nyata.
Dan hikmah dari percakapan yang dapat diambil Bob Sadino ialah bila ingin sukses di usia muda maka berusahalah dengan niat yang sungguh-sungguh,mempunya impian, punya tujuan sukses, buat strategy, dan yang paling terpenting ialah berdoa kepada Yang Maha Kuasa dan action. Sebuah usaha tidak akan membohongi hasil yang di dapat maka dari itu sukses usia muda merupakan hal yang sangat mudah apabila kita dapat bersungguh-sungguh dalam istilah bahasa arab Manjada-wajada “Barang siapa yang bersungguh-sungguh maka ia akan mendapatkannya”.







No comments:

Post a Comment

Remind me!

“MENGAPA HARUS SUKSES DI USIA MUDA” Mengapa harus sukses di usia muda? Kalimat tanya ini cukup untuk membingungkan sebagian orang term...